Minggu, 04 Mei 2014

Hari Pendidikan Nasional

Assalamu'alaikum wr.wb , saya akan menceritakan sedkit tentang perjuangan Ki Hajar Dewantoro dalam hal pendidikan, semoga bermanfaat.
  
     Setiap tanggal 2 mei, kita peringati hari pendidikan nasional. sebagai bangsa Indonesia dalam kaitannya dengan hari pendidikan nasional ini, tentu ingatan kita tertuju pada peletakan dasar pendidikan yang pertama kali bangsa Indonesia , yaitu KI HAJAR DEWANTORO dengan taman siswa yang didirakannya.
  
     Pada saat itu penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah koloial Belanda hanya dibatasi oleh kelompok tertentu, itupun sesuai dengan kepentingan kolonial itu sendiri. penyelenggaraan diprioritaskan buaty anak keturunan Eropa, sementara anak bumiputera hanya sebagian kecil yang mendapatkan kesempatan belajar.
    
      pada tahun 1920 Ki Hajar Dewantoro mendirikan perguruan kebangsaan yang bernama Taman siswa. disamping untuk menimba ilmu pengetahuan, pendidikan dalam sekolah itu juga bertujuan untuk membentuk jiwa kebangsaan. diharapkan murid Taman siswa bukan hanya pandai, tetapi juga mampu mrnjadi calon pemimpin bangsa. untuk tujuan itu , untuk egiatan belajar mengajar ditanamkan cinta tanah air dan anti penjajah.

    
      pendidikan adalah perkara sangat penting yang harus mendapatkan perhatian khusus dri pemerintah, sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD'45 . pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

     seluruh bangsa Indonesia harus menyadari betapa pentingnya masalah pendidikan ini. secara bersama-sama marilah kita tingkatkan kesadaran dan pentingnya pendidikan.

Demikian cerita dari saya, mohon maaf bila ada salah dalam bahasa ataupun tulisan. karna tidak ada manusia yang sempura, kesempurnaan hanyalah milik Allah.SWT semata.
Terima kasih atas perhatiannya, wassalamu'alaikum wr.wb

harapan : semoga pendidikan kedepannya bisa semakin ditingkatkan dan semoga seluruh warga negara Indonesia menyadari betapa penting nya pendidikan.. AMINN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar